Monday, June 22, 2009

PELAJAR RODI

Fri at 8:17pm
Kita ini pekerja rodi. Eh salah! Pelajar maksudnya.
Wah gawat juga tuh kalo status kita sebagai pelajar jadi pekerja rodi yang malang nasibnya. Tapi sebenernya emang nasib kita (well, kalo kamu ga mau ikutan, ya udah anggap aja aku sendiri dan orang-orang yang merasa senasib ya) nggak beda jauh sama para pekerja rodi atau pekerja romusha atau pekerja di kerja paksa lain. Apa yang membuat kita sama dengan mereka? Berikut cuplikan (karena mungkin masih banyak alasan lain yang tak terungkap di sini) ulasannya:

1. Banyak kerjaan = capek = menderita
Sama kaya pekerja rodi, kita juga sebagai pelajar banyak kerjaannya yang ada-ada aja. Kalo pekerja rodi kerjaannya dari mulai bikin jalan sampe bikin jembatan semua dilakonin karena emang ga ada tawar-menawar sama si kompeni a.k.a penjajah. Dan, semua kerjaan itu harus selesai tepat waktu. Maka mereka pun bekerja siang malam sampai kurus kering dan mengkhawatirkan tanpa belas kasihan dari kompeni. Ga boleh protes, ga ada harga damai. Kalo salah ya salah aja dihukum. Walopun sebenernya salah si kompeni juga karena dari awal ga pernah ngajarin atau ngasih tau cara yang bener. Pokonya kompeni selalu benar dan harus selalu dituruti. Ga ada tolerir lah pokonya mah.
Nggak beda jauh sama keadaan pekerja rodi, kita juga kaya gitu kan? Dikasih tugas, pr, sampe ulangan yang bejibun. Ga kira-kira dan harus selesai tepat waktu. Gak pernah gitu tau kalo kita juga capek banyak kegiatan. Belum les ini les itu, belum ada kegiatan ekskul. Udah gitu, ada pr atau ulangan pelajaran lain pada hari yang sama yang kalo di sum up, buset dah! Sampe begadang ngerjain pr sama ngapalin ulangan yang sampe satu buku (saking ga pernah ulangannya tuh). Hasilnya, kantung mata bertambah besar+badan kurus+sakit+nilai jelek karena udah keburu capek jadi hasilnya ga maksimal. Giliran mau maen perijinannya susah gara-gara nilai jelek. Padahal nyadar ga sih, nilai jelek itu didapet karena emang kitanya udah capek sama tekanan mental dan fisik. Tekanan fisik jelas dari kerjaan kita yang bejibun itu. Tekanan mental sendiri datang dari keharusan dapet nilai tuntas sehingga deg-degan berlebih pas ulangan. Jadi buyar deh semua pelajaran. Atau mungkin system ngajar guru yang emang ga cocok sama muridnya. Mungkin karena cara ngajarnya bikin bosan dan ngantuk, bikin stress dan takut karena marah-marah mulu, suaranya kecil lah jadi ga kedengeran sampe belakang, atau juga karena emang gurunya jaraaaaaaaaaaaaaaaang banget masuk kelas. Intinya yaa: ini bukan 100% salah kita sebagai murid dong. Kalo emang iya salah kita, maka bimbinglah kita menuju jalan yang lurus dengan cara yang lurus pula. Kalo caranya enak dan kooperatif juga kan kitanya enak.

2. Permainan uang = no justice!
Jaman kompeni ngejajah dulu (Negara manapun lah, mau jepang kek, belanda kek, potugis kek, sama aja yang namanya penjajah tu semuanya ngejajah), cuma orang-orang bangsawan a.k.a orang-orang yang berduit yang bisa sekolah. Yang lainnya, ngangon kebo aja sana di sawah ato nggak, jadi pekerja rodi. Ga ada keadilan sama sekali. Itulah yang membuat perjuangan rakyat lama banget sampe 300 taun lebih. Karena rakyatnya bodoh ga bisa sekolah. Kasian
Ga beda jauh sama keadaan sekarang. Liat deh, orang-orang (yang punya banyak duit tentunya) bisa dengan mudah masuk universitas atau sekolah terkenal dengan bayar sedikit berlebih dari yang lain. Belum lagi sekarang orang-orang udah gampang banget beli soal-soal ujian dan lulus dengan kertas-kertas ajaib yang bisa membeli semua hal (baca:uang). Urusan birokrasi sekolah juga jadi gampang banget. Kalo udah kaya gitu, pendidikan udah jadi kapitalis. Sekolah-sekolah jadi mahal. Mau lulus susaaaaaaaaaaaah banget. Kasian kan yang kurang beruntung dan ga punya duit sebanyak mereka yang mampu?! Kesempatan orang-orang pintar yang kurang beruntung untuk masuk sekolah dengan kualitas bagus jadi menipis karena udah kalah saing. Bukan kalah saingan kualitas daya berpikir otak (yang merupakan inti dari pendidikan itu sendiri), tapi kalah saingan jumlah kertas-kertas ajaib yang bisa membeli semua hal di dunia ini (in English: money). Orang pinter juga jadi nggak lulus ujian ato dapet nilai rendah karena ga bisa dapet kunci jawaban atau soal-soal ujian yang bisa dibeli dengan mudah oleh orang-orang beruntung yang manja. Makin aja menyiutkan semangat orang-orang kurang beruntung untuk berkecimpung di dunia pendidikan. Makanya kualitas pendidikan ga naik-naik. Orang-orangnya aja dibodohi oleh kertas-kertas ajaib yang bisa membeli semua hal di dunia (you know what I mean). Bener-bener ga adil!

3. Kerja keras tanpa upah = bayar iya, capek iya
Orang-orang jaman dulu harus bayar pajak ke kompeni for the sake of the kompeni itself. Keuntungan buat rakyatnya? Ga ada! Yang ada mereka disuruh kerja keras banting tulang buat kompeni lagi kan. Tanpa dibayar lagi. Parah! Sama aja kaya buang-buang duit.
Nah, udah tau belum persamaannya apa sama kita sebagai pelajar? Yap dude! Orang tua kita diperes duitnya suruh bayar ini itu sama sekolah. Istilahnya ada dana sumbangan pendidikan, uang koperasi, spp, bayarin bikin tugas yang ada-ada aja dan lain sebagainya yang menjurus masalah perduitan. Tapi mana infarstrukturnya buat kita? Emang ada perubahan signifikan buat kita? Mau ngebenerin kelas atau ngecat bangku sekolah aja susah dan lama banget. Bikin bangunan baru aja lama dan ga kelar-kelar sampe muridnya (terpaksa) harus belajar di lab ilmu eksakta yang ga nyaman dan bau segala rupa bahan kimia. Gimana mau belajar bener kan? Haduh haduh. Mana kalau mau bikin acara atau ikut lomba susah banget birokrasinya. Bukan, bukannya muridnya ga kreatif dan ga berprestasi. Tapi yaa itu dia. Istilahnya: ‘sekolah lagi kekurangan duit’. Padahal kan hal-hal kaya gitu bagus untuk menambah kreatifitas dan pengalaman buat siswanya sendiri. Walaupun gagal ataupun kalah kan yang penting muridnya dapet pengalaman baru dan bisa belajar dari kegagalan itu. Sebuah pendidikan non-formal yang sangat baik dan efektif untuk perkembangan anak remaja.
Terus duit orang tua kita dipake apa dong? Gatau kan? Nah itu bukti kalau ga ada transparansi dalam pengelolaan duit sekolah. Emang kita dianggap keledai dongo yang gatau apa-apa? Enak aja! Kita juga udah bisa mikir dong.

4. Exploitasi besar-besaran = keuntungan siapa?
Liat deh pekerja kerja paksa jaman penjajahan dulu. Bener-bener dikuras semua tenaga secara kuantitas dan kualitasnya secara maksimal untuk membangun berbagai macam sarana dan prasarana untuk keuntungan si kompeni. Akses si pekerja rodi itu sendiri susah banget untuk make. Biasa, harus punya si kertas-kertas ajaib itu lho. Semuanya dilakukan atas nama kompeni dan untuk kompeni. Duuh, capek deh!
Kita juga sama aja kaya gitu. Harus belajar banting buku, peres duit orang tua biar dapet nilai bagus dan prestasi yang bagus juga. Demi apa? Well emang iya sih demi kita sendiri. Tapi yaa tetep aja sekolah juga ikutan beken. Ga boleh sedikit pun melakukan kesalahan karena akan mencoreng nama baik sekolah. Diijinin ikut lomba dengan syarat minimal bawa pulang piala juara tiga. Capek lagi kan latihan, tekanan mental lagi kan. Belum tugas, belum ulangan. Menang engga, capek iya. Aaah!

5. Otoritas pemimpin = no democracy!
Dasar yaa, yang namanya kompeni itu emang sok kuasa banget! Padahal di negara orang aja blagunya selangit ketujuh. Udah ngejajah, eksploitasi sumber daya alam dan manusia, udah gitu rakyatnya ga boleh protes atau ngapa-ngapain. Semuanya harus nurut si kompeni yang berlagak pemimpin. Otoriter, boro-boro demokrasi. Sama sekali ga boleh ngomong. Kerja aja terus sampe mati. Sedih T.T
Merasa senasib nggak? Saya pribadi sih iya. Gini loh. Yang belajar kita, yang bayar kita, yang menentukan masa depan bangsa-negara dan dunia ini, ya kita. Tapi kenapa kita ga dikasih hak kebebasan berbicara untuk mengaspirasikan ide-ide dan keinginan kita ke sekolah? Padahal demi kenyamanan proses belajar-mengajar sendiri. Kan yang belajarnya juga kita. Tapi ga boleh protes apa-apa. Kalo ini, ya ini aja. Ga bisa adu pendapat sama aparat sekolah untuk meminta hak kita mendapat kenyamanan. Contoh konkret: hampir semua siswa di salah satu sekolah menolak untuk melakukan randomisasi kelas atau kelasnya diacak dan dipisah lagi untuk naik kelas. Karena emang murid-murid dalam kelas itu sudah merasa nyaman dengan teman-teman satu kelasnya dan suasananya sudah nyaman bagi mereka untuk belajar maka mereka menolak dipisahkan. Bukannya gamau nyatu sama yang lain atau gimana. Masalahnya, kalo emang muridnya udah nyaman dengan keadaan kelas itu kan bagus untuk menunjang perkembangan akademis mereka. Mereka ga akan lagi males datang ke kelas dan belajar karena udah feels like home with a very big family in it. Apalagi kalo udah kelas tiga yang udah ga jamannya lagi ngrusin nyari temen baru dan adaptasi di lingkungan kelas yang baru. Ujian udah di depan mata woi! Buang-buang waktu aja ngurus hal kaya gitu. Kan kalo kelasnya nyaman juga asik belajarnya buat persiapan ujian. Nyari temen baru doang mah gampang. Setiap hari juga bisa aja dapet tuh temen baru. Kalo emang ada yang salah dengan suatu kelas, yaaa urusi aja baik-baik secara musyawarah mufakat. Lalu perbaiki apa yang menjadi masalahnya. Jangan seenak perut aja jadi orang lain kena getahnya juga. Makanya, dengerin murid-murid dong!
Heloow kita tinggal di Negara demokrasi yang menjunjung hak-hak asasi manusia gitu ya. Terutama kebebasan berpendapat dan keadilan. Jadi yaa, lain kali kalo bikin kebijakan yang menyangkut hidup kita dan khalayak ramai, tolong pertimbangkan suara kita juga. Toh itu kan yang ngejalanin kita juga sebagai murid. Yang nentuin berhasil ato engga nya kan kita juga sebagai murid. Jadi tolong hargai hak kami sebagai murid untuk beraspirasi dan menentukan nasib sendiri. Kita juga udah gede ko, bisa ngambil keputusan sendiri. Buktinya? Negara memperbolehkan (bahkan mewajibkan) kita untuk memilih presiden dan wakil rakyat untuk kelangsungan hidup Negara di masa depan. Nentuin nasib bangsa aja kita dibolehin, masa nentuin nasib sendiri di sekolah aja susah amat birokrasinya? Kalaupun ada kesalahan, kita juga bisa ko evaluasi terus memperbaiki diri di masa yang akan datang. Sanggup kan teman-teman? ;)

Jangan mau ah disamain sama penjajah. Kita juga ga mau disamain sama pekerja rodi yang malang nasibnya.

Ya ya ya. Kita harus tetep bisa melihat melalui semua sisi. Harus diakui kalo sekolah atau kompeni melakukan itu semua ujug-ujugnya ya buat kebaikan kita juga. Kalo dulu ga ada yang namanya kerja rodi, ga akan ada tuh jalan raya anyer-panarukan atau jembatan-jembatan untuk kelancaran transportasi. Kalau kita sebagai pelajar ga dididik dengan bener ga akan jadi orang bener. Sekolah melakukan semua hal itu yaa demi kebaikan kita juga di masa depan. Kerasa banget deh ntar. Ya mungkin sekarang belum kerasa aja. Nanti juga pasti kita akan berterima kasih banyak sekali kapada semua aparat sekolah yang sudah membantu kita seperti ini. Tinggal koreksi diri aja masing-masing, baik kita sebagai pelajar, dan juga aparat sekolah, apakah sudah melakukan tugas yang seharusnya dilakukan dengan sebaik-baiknya? Saling kerja sama bahu membahu ajalah untuk kemajuan bersama. Jangan saling menyalahkan terus. Kalo salah, akui secara gentleman dan perbaiki. Cari solusinya bersama. Jangan ngambil keputusan secara sepihak terus. Kasian pihak lain yang merasa dirugikan. Kita kan satu lingkaran besar keluarga dalam sekolah kan? Satu jatuh, semua jatuh. So please, listen to us for the better future.

Intinya: POKONYA KELASNYA GAMAU DIPISAH !!!! (lhoo???!!)

Frontal ya?
Maaf ya kalo ini sedikit frontal. Udah mah frontal, sotoy dan terlalu skeptic pula. Ckckckck. Tapi mungkin ini hanya sedikit suara yang selama ini terpendam di hati yang terdalam para pelajar. Kalau ada kesalahan, silahkan koreksi. Kalau ada tambahan, silahkan ditambal. Kalau ada masukan, silahkan ajukan. Kalau ada komentar atau tanggapan, yaa mangga tanggapi dengan sopan santun. I’m a liberal-democratic person ko. Thank yous (thank you nya banyak jadi pake s belakangnya) for y’all.
Semoga bermanfaat :)

mengkopi paste dari notes teman di Facebook, Hana Hanifah

gilak notesnya panjang banget!

http://www.facebook.com/note.php?note_id=95119811987&ref=nf

0 comment(s):